[PDF/EPUB] Islam dan Sosialisme author H.O.S. Tjokroaminoto

characters Islam dan Sosialisme

Nkepada umat Islam supaya menjadi pelopor dalam upaya membawa masyarakat menuju tatanan kehidupan yangs esuai dengan ajaran IslamBuku Islam dan Sosialisme ini merupakan karyanya yang paling meonumental bahkan menjadi salah satu karya terbesar Tjokromainoto Di dalamnya memuat sistem kemasyarakatan yang sosial relijius dengan susunan pemerintahan yang bersendikan demokrasi Buku ini ditulis untuk menanggulangi faham sosialisme yang diusung oleh kaum atheis dan komunis di Indones baru ngeh kalo kalo gw itu ternyata punya penyakit latah baru tau minggu kmaren gini critanyasore2 di lapak buku dewi sartika ketika sedang jelalatan liat tumpukan buku buku seorang lelaki durjana membungkuk nyabet buku ini dengan tampang sumringah pokoknya tampangnya bener2 mupeng lah wakakaka untungnya posisi sang durjanawan sedikit membelakangi sang penjual sehingga tampang mupengnya gak kliatan ama dia padahal dari pengalaman2 sebelomnya blanja disini biasanya jangan sekali2 pasang tampang mupeng apalagi sampe keluar iler kek si durjanawan satu ini wkwkwkw kalo belom2 dah pasang tampang mupeng biasanya kita akan dipersulit oleh penjualnya sih pasang tampang sedingin es di kutub utara kalo bisa mah ehm pengalaman waktu beli ciklit titipan buat sodaraketika si durjanawan sibuk tawar2an gw ngambil juga buku ini yang kebetulan masih ada stoknya ngebolak balik bentar bukunya dan entah kenapa tiba2 malah ikut ngeroyok sang penjual nawar buku ahirnya penjual yang kepayahan dikeroyok para durjana melepas buku ini seharga 15 rebu sajah hehe ampe di rumah jadi bingung juga napa buku ini ada di keresek gue yah setelah di inget2 ternyata gara2 latah coba buku bung hatta nya ada kopian yang laen keknya ikutan latah ngembat juga dehbaru ngeh kalo ternyata lumayan banyak yang ngel list buku ini di rak to read ama wishlist nya ada po pal aldo roos leli gieb pera ama vera beeeh tau gitu gw sikat juga kopian yang tinggal atu lage di kaki lima itu semuanya ada 3 buku masih tersegel rapi lage trus gw suruh adu panco yang masukin buku ini ke wishlist nya minimal adu suit lah hehe maap maap karena dasarnya saya emang latah ketika beli buku ini bener2 gak niat D

characters ↠ PDF, DOC, TXT or eBook ´ H.O.S. Tjokroaminoto

Islam dan Sosialisme

Tjokroaminoto yang dilahirkan pada 16 Agustus 1882 di Madium Jawa Timur adalah seorang tokoh besar Indonesia Belanda menjulukinya sebagai Raja Jawa yang Tak Bermahkota Ia menjadi pemimpin Sarekat Islam SI 1912 dan sukses membawa SI sebagai organisasi pergerakan nasional terbesar ketika itu Ia menjadi tokoh dan guru utama pergerakan Dua muridnya yang terkemuka adalah Soekarno dan SM Kartosuwirjo Soekarno kelak menjadi Proklamator dan Presiden Pertam RI Sedangkan SM Kartosuwirjo Teringat ketika saya berbincang dengan guru ngaji saya di rumah Ia bilang Nabi Muhammad SAW itu orang yang sosialis sekali Bayangkan ketika beristrikan Khadijah yang kaya raya ia rela mempersilakan orang orang kelaparan makan di rumahnya Terhadap bobroknya perilaku orang uraisy ia resah Dari keresahan tersebut kemudian ia mendirikan perkumpulan Hilful FudhulNamun bobroknya keadaan bukan berarti Nabi Muhammad SAW berpangku tangan begitu saja Segala macam kemampuan yang Allah SWT berikan padanya ia maksimalkan Disuruh menggembala ya ia kerjakan dengan sepenuh hati Diminta bantu berdagang ia kerjakan dengan seamanah mungkin Wajar saja jika Nabi Muhammad SAW dijuluki Al Amin Maksimalisasi potensinya ia gunakan untuk membantu hajat orang Ia tak terjebak dalam mengutuki keadaan atau terbawa keadaanHal tersebut saya temukan dalam diri HOS Tjokroaminoto HOS Tjokroaminoto lahir di desa Bakur Madiun Jawa Timur 16 Agustus 1883 ada yang menulis beliau lahir 20 Mei 1883 Ia anak kedua dari dua belas bersaudara putra dari Raden Mas Tjokro Amiseno seorang Wedana Kleco dan cucu RM Adipati Tjokronegoro bupati Ponorogo Terlahir dari keluarga bangsawan tak membuatnya bersikap angkuhPada awalnya ia juga mengikuti jejak kepriyayian ayahnya sebagai pejabat pangreh praja Ia masuk pangreh praja pada tahun 1900 setelah menamatkan studi di OSVIA Magelang Pada tahun 1907 ia keluar dari kedudukannya sebagai pangreh pradja di kesatuan pegawai administratif bumiputera di Ngawi karena ia muak dengan praktek sembah jongkok yang dianggapnya sangat berbau feodal Antara tahun 1907 1910 bekerja pada Firma Coy CO di Surabaya disamping meneruskan pada Burgelijek Avondschool bagian mesin Bekerja sebagai masinis pembantu kemudian ditempatkan di bagian kimia pada pabrik gula di kota tersebut 1911 1912 Uniknya Tjokro juga jurnalis dan orator ulung Oetoesan Hindia merupakan surat kabar syarekat Islam yang terbit pertama kali pada bulan Desember 1912 di Soerabaya adalah corong bagi pergerakan SI Tjokro adalah direktur administrasi dan sekaligus pemimpin redaksinya Tjokro adalah jurnalis yang rutin menulis di Oetoesan Hindia ini paling tidak satu kali dalam sebulan Topiknya beragam mulai persoalan politik hukum hingga perdebatan antara paham sosialisme dan IslamDengan lahirnya Sarekat Islam pada tahun 1912 mulailah Cokroaminoto membuat cariere Ketika ia sedang berada di Solo ia didatangi oleh delegasi Sarekat Islam Solo untuk bergabung pada organisasi ini dan Tjokroaminoto menyatakan kesiapannya untuk bergabung Tjokroaminoto dikenal sebagai orang yang berkarakter radikal yang selalu menentang kebiasaan kebiasaan yang memalukan bagi rakyat banyak Pada saat itu Tjokroaminoto telah dikenal sebagai seorang yang sederajat dengan pihak manapun juga apakah ia seorang belanda ataupun dengan seorang pejabat pemerintah dan Tjokroaminoto berkeinginan sekali untuk melihat sikap ini juga dimiliki oleh kawan sebangsanya terutama di dalam berhubungan dengan orang orang asingTjokroaminoto juga menulis buku Islam dan Sosialisme Mengapa ia menyandingkan sosialisme dengan Islam dalam bukunya Asumsi saya kesenjangan antar kelas sangat tajam sekali ketika ia menulis buku Sosialisme yang berakar pada pemikiran Karl Marx entah pada perkembangannya dikembangkan melenceng dari akarnya atau tidak pada dasarnya tercipta sebagai antitesis dari adanya kesenjangan antar kelasBagi saya benar kata ustad saya Nabi Muhammad SAW pun pada dasarnya adalah seorang sosialis Pada awal masa kehidupannya pra kenabian ia tidak hanya belajar tentang kehidupan dari tokoh agama pendeta melainkan juga dari realita sehari hari Mata batinnya terasah melihat merosotnya moral budak yang diperlakukan semena mena pertentangan antar bani yang mengedepankan prestis dan lain sebagainya Teringat apa kata Kang Budhiana Kartawijaya anggota Dewan Redaksi Pikiran Rakyat Ada orang yang menemukan Islam secara deduktif Dalam artian ia belajar teori Islam baru ia gunakan untuk membaca fenomena kehidupan Ada pula orang yang menemukan Islam secara induktif Dalam artian ia mengamati fenomena fenomena di kehidupannya barulah kemudian ia menyadari bahwa sunatullah hukum alam selaras dengan IslamMenurut saya HOS Tjokroaminoto adalah tipikal perpaduan keduanya Ia memiliki latar pengetahuan keislaman yang cukup baik Namun latar pengetahuan keislaman tersebut tidak membuatnya jumud dan kaku dalam membaca fenomena yang tengah terjadi Islam bukanlah setumpuk konsep agung yang kaku dimana jika realita tidak sesuai dengan konsep ideal pemeluknya kebingungan dalam membumikan ajarannya Islam tak hanya berbicara soal ayat ayat yang termaktubTjokro bagi saya pribadi adalah sosok yang berupaya untuk membumikan konsep konsep ideal Islam yang telah ia ketahui Kepekaannya dalam membaca situasi dan kondisi ayat kauniyah serta prinsipnya yang kembali berpulang pada Aluran dan Sunnah ayat kauliyah membuatnya cukup lihai membumikan konsep Saya menghormati usahanya membumikan konsep terlepas dari sesuai atau tidaknya bahkan benar atau tidaknya proses Pada hakikatnya Islam tak menyuruh kita hanya terkungkung oleh ayat ayat yang termaktub dalam uran Sunnah maupun buku buku Namun Islam juga membimbing mata hati kita untuk pandai memerhatikan fenomena Ira bacalahMengenai buku ada isi buku beliau yang menempel dalam benak saya Mengenai tiga anasir yaitu kemerdekaan virjheid liberty persamaan gelijkheid euality dan persaudaraan broederschap fraternity Kemudian Tjokro menghubungkan tiga anasir ini dengan konsep Islam Mengapa Tjokro mengemukakan ketiga anasir dan menghubungkannya dengan Islam Simpulan saya karena keadaan pada saat itu tidak menjunjung ketiga nilai nilai tersebut Maka ia menawarkan konsep konsep sosialisme yang ia sandingkan dengan kepercayaannya Islam untuk menjadi obat dari penyakit penyakit sosial yang tengah masyarakat deritaKekurangan buku ini bahasanya jadul Hehe Jadi otak agak muter buat menangkap maksudnya Bisa jadi konsep konsep sosialisme yang disandingkan dengan Islam tak relevan dengan tantangan zaman kiniSumber tambahan

H.O.S. Tjokroaminoto ´ 4 Read & Download

Menjadi Proklamator Darul IslamNegara Islam Indonesia DINIISalah satu wasiat Tjokroaminoto yang terkenal adalah Lerena mangan sadurunge wareg yang berarti berhentilah makan sebelum kenyang esan yang bersumber dari hadis Nabi ini dimaksudkan agar generasi penerus menghindari sikap rakus dan serakah serta menggunakan jabatana untuk kepentingan pribadi dan golongan Ia hyga menyampaikan sebuah wasiat tertulis yang disahkan oleh forum sebagai Pedoman Umat Islam Isinya berupa pesan Karya ini dipuji oleh Zainul Munasichin pengarang Berebut Kiri menurut Zainul karya Islam dan Sosialisme lebih baik berbanding kritikan Misbach terhadap Tjokroaminoto yang disifatkan lebih berunsur peribadi Sementara menurut Takashi Shiraishi pengarang Zaman Bergerak Islam dan Komunisme Misbach lebih canggih berbanding Islam dan Sosialisme Tjokroaminoto Bagi saya pula Islam dan Sosialisme Tjokroaminoto tak cukup kuat melainkan jika dibaca bersekali dengan Islam dan Sosialisme karya Syed Hussein Al Atas Karya ini lebih padu dan menyengat Mungkin disebabkan faktor bahan bacaan dan kesempatan Syed Hussein Al Atas berbanding Tjokroaminoto Bagaimanapun dalam karyanya itu Syed Hussein Al Atas tidak melupakan pendahulunya bahkan dia kerapkali memuji Tjokroaminoto yang mengemukakan pandangan tentang Islam yang berwatak Sosialisme


10 thoughts on “Islam dan Sosialisme

  1. says:

    Buku yang dikarang sekitar 1920 ini telah meramalkan kegagalan ideologi sosialisme di barat yang konsepnya ditemukan oleh Karl Marx karena sosialisme di barat dimulai dari tampuk atas yaitu pemerintahan sementar sosialisme dalam islam dimulai dari bawah yaitu rakyatintinya sosialisme sejati adalah konsep ajaran Islam yan

  2. says:

    Teringat ketika saya berbincang dengan guru ngaji saya di rumah Ia bilang Nabi Muhammad SAW itu orang yang sosialis sekali Bayangkan ketika beristrikan Khadijah yang kaya raya—ia rela mempersilakan orang orang kelaparan makan di rumahnya Terhadap bobroknya perilaku orang uraisy ia resah Dari keresahan tersebut kemudian ia mendi

  3. says:

    HOS Tjokroaminoto adalah seorang tokoh besar yang sangat disegani pada masa perebutan kemerdekaan Indonesia Ia dilahirkan pada 16 Agustus 1882 di Madiun dan menjadi pemimpin Sarekat Islam SI sebuah organisasi yang sangat berpengaruh dalam pergerakan nasional dan pemikiran pemikiran Islam Soekarno proklamator RI dan Kartosuwiryo proklamator DI

  4. says:

    Karya ini dipuji oleh Zainul Munasichin pengarang Berebut Kiri menurut Zainul karya Islam dan Sosialisme lebih baik berbanding kritikan Misbach terhadap Tjokroaminoto yang disifatkan lebih berunsur peribadi Sementara menurut Takashi Shiraishi pengarang Zaman Bergerak Islam dan Komunisme Misbach lebih canggih berbanding Isl

  5. says:

    Hos tjokro aminoto merupakan salah satu tokoh besar dalam sejarah guru dari salah satu tokoh besar pula Ir Soek

  6. says:

    Buku kecil ini kalau boleh dipermudahkan adalah bagi Tjokroaminoto mengetengahkan manifesto persatuannya Sarekat Islam SI Pun begitu 'manifesto' begini bukanlah lahir dalam suasana yang mudah bagi beliau sebagai pemimpin

  7. says:

    Buku dgn ejaan dan susunan kalimat yg menurut saya kuno sekali sy harus membacanya berulang agar bisa memahami is

  8. says:

    It's very insterst book

  9. says:

    baru ngeh kalo kalo gw itu ternyata punya penyakit latah baru tau minggu kmaren gini critanyasore2 di lapak buku dewi sartika ketika sedang jelalatan liat tumpukan buku buku seorang lelaki durjana membungkuk nyabet buku ini dengan tampang sumringah pokoknya tampangnya bener2 mupeng lah wakakaka untungnya posisi sang durjanawan sedikit membelakangi sang penjual sehingga tampang mupengnya gak kliatan ama dia padahal dari

  10. says:

    Melalui buku ini rasa penasaran saya setelah sebelumnya merampungkan buku No god but God oelh Reza Aslan dapat terjawab Satu hal yang selalu menggelitik pikiran saya adalah sistem pemerintahan di dalam Islam Setidaknya dari apa yang saya pelajari perubahan dalam sistem tersebut setidaknya terjadi setelah sepeninggal Ali bin Abi Thalib RA yang kemudian umat Islam dipimpin oleh sistem pemerintahan yang berbentuk kesultanan atau dinastiLalu m

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *